Wednesday 4 March 2015

CARA MEMACU MOTIVASI SEMANGAT BISNIS SUKSES



Gairah atau semangat perlu dibangun dengan motivasi diri agar berhasil sukses dan memperoleh nilai gemilang. Dalam dunia usaha motivasi bisnis memiliki peranan penting dan berada di posisi utama. Banyak perusahaan bangkrut karena manajemen tidak bias membuat strategi memotivasi bisnis kepada karyawan-karyawannya.


Pada tulisan ini membahas tentang memacu motivasi semangat bisnis dalam lingkup personal . Memiliki semangat untuk maju adalah hal terpenting untuk dapat meraih kesuksesan dalam hidup. Motivasi sukses sering kali jadi kunci meraih keberhasilan. Sejarah berbicara, baik pengusaha, negarawan, akademisi, dan bintang-bintang dunia mengakui bahwa dorongan inilah yang membuat orang mau menapaki setiap jalan setapak menuju kesuksesan.

Bagaimana cara memotivasi diri agar sukses dalam bisnis ?
Cara pertama adalah melatih diri bias fokus terhadap bisnis yang sedang kita jalani. Sebab rumus kehidupan itu apabila usaha dijalankan dengan maksimal maka akan meraih sesuatu yang optimal. Sedangkan pbila tidak fokus artinya dia bekerja asal-asalan, tak heran jika hasilnya pun tidak sesuai dengan yang diharapkan .

Banyak cara agar fokus dalam pekerjaan,diantaranya yaitu dengan menyadari bahwa diri kita harus menjadi pekerja yang professional.

Ada juga orang yang melatih fokus dengan cara menyisihkan waktu dengan hiburan,baik itu olahraga, menonton film,rekeasi atau bermain seni sampai berkomunikasi dengan bayi.hal penting di sini adalah bagaimana kita bekerja dengan senyuman atau dengan kata lain riang gembira tanpa pakasaan atau bekerja karena terpaksa.

Terkadang, timbul alasan untuk menjawab motivasi yang dating ketika akan memulai sesuatu. Misalnya seseorang merintis bisnis usaha dagang tetapi tidak kunjung mendapat laba dari hasil usahanya itu, dia berfikir dalam hatinya mungkin ini bukan jalan saya berbisnis.

Pertanyaan sekarang,bagaimana agar dapat terus termotivasi dalam waktu yang lama dengan segala hambatan yang terkadang di sepanjang jalan menuju sukses tersebut? Sebagian menganggap hal ini sulit dilakukan. Namun agar terus termotivasi, ada beberapa cara untuk meraih itu,misalnya seperti berikut.

Setiap Orang memiliki cara tersendiri agar tidak jatuh ke dalan kegagalan. Ada yang berjanji pada diri sendiri dan akan menghukum dirinya sendiri ketika tidak memenuhi janji yang telah diungkapkannya pada dirinya sendiri tersebut. Orang seperti ini biasanya mempunyai motivasi sukses yang sangat dalam. Keadaan tersebut bias tercipta oleh keadaan dan keinginan merubah keadaan. Bisa juga karena ingin membuktikan sesuatu atau karena adanya dendam kesumat.

Apa pun alasannya,semangat yang menggebu itu perlu dihargai dan dihormati. Ada juga yang menanamkan janji pada diri sendiri karena tak ingin terjatuh kedua kalinya ke dalam lubang  kehidupan yang hina. Motivasi sukses seperti ini jauh mendalam karena telah mendasarkan hati kepada keinginan untuk menjadi orang baik dan bias berbuat lebih baik kepda diri sendiri maupun kepada orang lain dan lingkungannya.

Keinginan untuk meraih sesuatu dengan lebih cepat telah juga membuat orang bertahan dan terus berjuang meraih apa yang telah dicita-citakannya. Berikut ini adalah cara yang dapat ditempuh untuk memotivasi diri sukses dalam segala hal:

Tentukan Tujuan Hidup
Tentukan tujuan dalam hidup dan lakukan apa yang harus dikerjakan untuk mencapai tujuan tersebut. Ingatlah, Setiap langkah berani yang ditempuh akan semakin mendekatkan pada tujuan yang hendak dicapai. Setiap orang bias membuat sebuah rencan dan prioritas dalam pikirannya. Satu hal yang pasti adalah bahwa rencana tersebut. Kejelasan tujuan itu akan membuat tubuh dan jiwa bekerja sama meraihnya dan tidak mudah goyah melupakan motivasi yang telah diungkapkan.

Senangi Setiap Usaha Yang Dilakukan
Senangi setiap usaha yang dilakukan seperti halnya bisnis perdagangan dan jadikan hal tersebut menarik bagi diri sendiri. Adakalanya, rasa jenuh menghapiri. Hal ini terjadi karena hanya melakukan rutinitas yang sama seperti kemarin. Demikian terus berulang-ulang.
Daripada seperti itu, Lebih baik memecah proses menonton itu dan mengenalkan diri pada elemen yang menyenangkan saat bekerja. Hal ini akan membuat diri tetap fokus dalam bekerja. Membuat variasi dalam menghadapi berbagai hal yang ditemui setiap hari bahkan akan berefek yang mampu memberikan kesenangan bila tak bias membiarkan diri merasa senang dengan kesenangan itu sendiri.
Bacaan dan tontonan bias menjadi sumber inspirasi yang sangat jitu. Bahkan status teman-teman yang ada di Facebook pun bias dijadikan batu loncatan untuk membuat hidup lebih berwarna walaupun tentunya tetao fokus pada rencana dan jalan kesuksesan yang telah dipegang teguh.

Tumbuhkan Sikap Positif
Tumbuh sikap positif dalam diri uuntuk terus mempelajari dan mendapatkan kualifikasi diri yang terbaik. Ada masanya di mana setiap orang akan menemui keagagalan dalam mencapai kesuksesan dan merasa terpuruk karenanya. Ingatlah bahwa kegagalan itu adalah bagian dari kemenangan. Sadarilah bahwa kemenangan yang diawali oleh kegagalan akan terasa lebih nikmati dan manis daripada terlalu mulus dan tanpa perjuangan yang berarti.

Perlu diingat, bahwa bunga tidak mekar dalam waktu semalam, demikian juga dengan yang kita bias untuk mengatasi tantangan itu. Mulailaah dari hal terkecil dulu. Bila masih kesulitan , cobalah untuk mencari dorongan atau saran dari mereka yang udah lebih berpengalaman.

Kalahkan Hal yang Akan Memperlambat Usaha
Kalahkan hal yang akan memperlamat usaha kita seperti masalah pribadi, penangguhan, dan kurang percaya diri. Dari pada membidik tertinggi, tetapkan harapan yang realistis dan mencari pengembangan diri dari hal kecil dulu. Dengan begitu, upaya meraih sukses akan semakin dekat.

Penghargaan pada Diri Sendiri
Saat kita berhasil mencapai sesuatu, berilah penghargaan pada diri sendiri.  Hal ini akan membuat kira bahagia dengan kesuksesan kecil kita dan terus memberikan motivasi demi hasil kerja yang baik.
Misalnya dengan cara berbelanja, merawaat diri seharian di salon, bermain golf, atau sekedar menikmati hidangan yang jarang kita dapatkan di rumah. Sesekali melakukan hal itu tidak akan menjadi masalah.

Periksa Perkembangan Usaha
Periksa perkembangan usaha kita setiap saat dengan memecahkan berbagai kegiatan yang menunjang dalam rencana yang lebih kecil. Usahakan untuk meraih kesuksesan kecil secara berkesinambungan. Hal seperti ini akan membantu kita untuk mengoreksi diri bila sesuatu yang tertinggal di belakang.
Semoga Artikel tulisan motivasi ini dapat bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment